Viral Pernikahan Wanita Islam dengan Pria Katolik berbeda agama di Semarang

Tersebar luas foto viral dari media sosial yang menghebohkan khalayak yang memperlihatkan proses pernikahan pasangan yang berbeda agama di salah satu gereja di kota Semarang, jawa Tengah.
Foto itu memperlihatkan seorang Pasangan pria dan wanita, Pria yang mengenakan jas hitam dan wanita mengenakan gaun panjang berwarna putih yang menggunakan hijab. Mereka adalah mempelai yang berfoto dengan latar belakang simbol salib di dalam sebuah gereja. Tampak terlihat mereka didampingi pihak dari kedua keluarga, seorang pendeta dan saksi pernikahan.

Pernikahan Beda Agama di Semarang Viral, Perlihatkan Pengantin Berhijab


Konselor pernikahan Achmad Nurcholis mengakui dari pasangan yang menikah tersebut adalah pasangan yang berbada agama. Pengantin dari Pria beragama Katolik, Pengantin perempuan beragama Islam.
Dalam proses pemberkatan pernikahan pasangan sempat dilakukan di Geraja St. Ignatius Krapyak, kota Semarang, Sabtu 05/03 lalu.

” Iya Benar, Pasangan beda agama. prosesnya hari Sabtu kemarin.” ujar Achmad.

Achmad sebagai Konselor menjelaskan pasangan yang tetap memiliki keyakinan agama yang mereka pegang masing-masing. lanjutnya juga mengatakan bahwa persyaratan pernikahan di lakukan hampir sama dengan pernikahan satu agama.


” Sama seperti pasangan umumnya mereka juga pencatatannya dilakukan dengan dukcapil”. Jawab Achmad

pada pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomer 1 tahun 1974 tentang perkawinan yang menyatakan “Perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayaan tersebut.”

Pihak dari Gereja Katolik mengizinkan pernikahan beda agama atau ‘disparitas cultus’ dalam perkawinan beda agama memasuki agama tersebut. Namun kedua pasangan diminta untuk ikut serta mengikuti proses tata cara Gereja Katolik. Lain hal dari agama Islam yang hanya mempersilahkan beda agama sepanjang mempelai pria beragama Islam dan mempelai Perempuan merupakan Ahlul Kitab alias penganut Yahudi atau Nasrani dari (Al-Maidah ayat 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published.